Skip to content

Office Location

Jl. Cerme No.24, Sidanegara, Cilacap  53223

Phone Number

(0282) 533123

Send a Message

contact@alirsyad-cilacap.or.id

Rahasia Dibalik Menggembalakan Kambing

The Secret Of Muhammad
1. Kapan Terakhir, Anda Membaca Sirah Nabi?
2. Mulia Dengan Islam
3. Nama dan Brand Image
4. Kebaikan Yang Telah Disiapkan
5. Aku Lebih Arab Daripada Kalian
6. Sayang Tanpa Syarat
7. Rahasia Dibalik Menggembalakan Kambing
8. Pengalaman Masa Kecil, Antara Kesuksesan dan Kegagalan
9. Pernikahan yang Agung
10. Jangan Lupakan Kebaikan Orang Lain!
11. Berinteraksilah dengan jujur
12. Sebaik-baik Manusia
13. Empat Puluh
14. Menjadi Seperti Khadijah

Merasa ajalnya sudah dekat, Abdul Muthalib memanggil Abu Thalib dan memintanya mengasuh Muhammad. Tak lama setelah itu, Abdul Muthalib meninggal dunia dan Muhammad saat itu berumur 8 tahun.

Selama tinggal bersama Abu Thalib, Muhammad membantu meringankan beban pamannya. Dalam ash-Shihhah disebutkan bahwa Muhammad pernah bekerja menggembalakan kambing di Makkah untuk beberapa qirath yang beliau ambil dari pemiliknya sebagai upah. (Hadits ditakhrij oleh Bukhari dan Ibnu Majah).

Pekerjaan menggembalakan kambing merupakan pekerjaan yang biasa dilakukan oleh para nabi dan rasul. Diriwayatkan bahwa beliau pernah bersabda: “Setiap nabi pasti pernah menggembalakan kambing.” Para sahabat bertanya: “Bagaimana dengan engkau wahai Rasulullah?” Beliau menjawab: “Demikian pula aku.”

***

Menggembalakan ternak merupakan pekerjaan yang memerlukan keahlian kepemimpinan dan manajemen yang baik. Mereka harus mampu menjaga, mengarahkan, mengendalikan, dan melindungi hewan gembalaannya. (Muhammad The Super Leader Super Manajer, M Syafi’i Antonio)

Dan untuk menumbuhkan jiwa kepemimpinan pada anak, kita bisa memberi tanggung jawab menggembala ternak. Tapi rasanya hal ini sulit dilakukan oleh mereka yang tinggal di daerah perkotaan. Sehingga bagi mereka yang tinggal di perkotaan, bisa dengan memberikan hewan piaraan. Hal ini dapat mengajarkan rasa tanggung jawan pada mereka.

Semoga…. (gusWAH)

Back To Top