Wajib baca Do’a ini ketika hendak berpergian, agar terlindung dari Wabah Covid-19

Dilema mungkin dirasakan bagi para pekerja harian yang harus mengais rejeki demi mencukupi kebutuhan hariannya beserta keluarga. Beberapa orang bercerita kepada penulis bahwa sebenarnya ia ingin tetap di rumah saja demi menaati pemerintah dalam menghentikan laju penyebaran Covid-19. Namun apa daya, mereka terpaksa bekerja dan melakukan perjalanan keluar rumah demi kebutuhan hariannya. Ada beberapa orang yang jujur mengamalkan doa tertentu agar terlindung dari bahaya Covid-19 saat melakukan perjalanan keluar rumah.

Apalagi di era new normal seperti sekarang, atasan mereka tidak lagi menerima alasan untuk libur atau bekerja di rumah. Alhasil, bagi mereka yang rumahnya jauh dari tempat bekerja harus rela melakukan perjalanan ke tempat bekerja dengan kendaraan umum dan sangat riskan terpapar Covid-19 saat perjalanan.

Berikut ini doa yang bisa dibaca saat akan keluar rumah, berharap Allah SWT melindungi perjalanan para pembaca, terlebih saat akan keluar rumah.

Doa ini adalah doa yang diberikan oleh Rasulullah SAW agar terjaga saat melakukan perjalanan. Tentunya, terjaga dalam konteks ini bisa juga termasuk terjaga dari bahaya Covid-19 dan bahaya yang lain.

اللهُمَّ أَنْتَ الصَّاحِبُ فِي السَّفر وَالخَليفَةُ في الأَهْلِ

Allahumma antas shahibu fis safar wal khalifatu fil ahl

“Ya Allah, Engkau adalah Teman perjalananku dan khalifah (pengganti) keluargaku”

Bukan saja melindungi kita saat perjalanan. Doa tersebut juga memohon kepada Allah SWT agar melindungi keluarga kita dan menjadi pengganti kita untuk tugas-tugas yang harus kita lakukan saat kita ada bersama mereka. Demikian lah pendapat Quraish Shihab dalam bukunya Khilafah: Peran Manusia di Bumi.

Namun demikian, doa di atas adalah kepasrahan dan tawakkal kita di penghujung usaha kita. Sebelumnya, tentu kita harus tetap menjaga protokol kesehatan pencegahan Covid-19 sebagaimana yang dianjurkan oleh para ahli medis, yaitu tetap jaga kebersihan, cuci tangan menggunakan sabun, menggunakan masker, dan tetap melakukan jaga jarak (physical distancing).

Mari kita selalu berdoa kepada Allah SWT agar kita dan keluarga kita selalu dilindungi dari bahaya penyakit menular ini. (AN)

Wallahu a’lam.

Credit : islami.co

Leave a Comment