Begini Cara Menghemat Kuota Internet Saat Metting Zoom

0
Sumber ilustrasi : Zoom.us

CNBC Indonesia – Rapat online pakai Zoom kini menjadi salah satu kebiasaan baru di era pandemi virus corona Covid-19. Namun menggunakan aplikasi ini mengkonsumsi kuota internet yang tak sedikit.

Iya, menggunakan aplikasi rapat online seperti Zoom memang membutuhkan kuota internet yang tidak sedikit. Sebab, penggunaan platform ini kita sering mengaktifkan video dan suara secara bersamaan.

1. Nonaktifkan video

Jika kamu menghadiri rapat yang tidak terlalu penting atau rapat yang tidak mewajibkan menampilkan wajah peserta, ada baiknya menonaktifkan video dengan begitu jumlah data yang dikomsumsi akan berkurang banyak.

2. Turunkan kualitas video

Video yang ditampilkan Zoom adalah video berkualitas HD sehingga jernih dan jelas menampilkan gambar. Menghemat kuota internet ketika rapat online Zoom bisa dengan menurunkan kualitas video dengan melakukan pengaturan pada setting kemudian klik video yang ada di sebelah kirim dan hapus centang HD.

3. Nonaktifkan microphone

Banyak kita yang tidak tahu microphone yang terus aktif selama rapat online Zoom ternyata mengkonsumsi kuota internet. Jika kamu sedang tidak berbicara dalam rapat, ada baiknya microphone di mute atau dinonaktifkan.

4. Berbagi layar ketika diperlukan saja

Jangan berbagi layar (share screen) ketika tak dibutuhkan karena itu memakan kuota internet. Jadi berbagi layarkan ketika itu diperlukan saja.

(Credit:www.cnbcindonesia.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *