Yayasan Sosial Al Irsyad Cilacap adalah organisasi yang didirikan secara resmi pada tahun 1973 yang bersifat otonom di Cilacap. Yayasan ini bergerak dalam bidang pendidikan, dakwah dan sosial.

Yayasan Sosial Al Irsyad Cilacap memiliki visi: Membentuk Generai Khouru Ummah, dengan Misi adalah:

  1. Membina anggota dan masyarakat untuk menjadi ummat yang  terbaik. Beriman dan bertaqwa, berilmu dan berakhlaqul karimah, bertauhid kepada Alloh SWT, bersih dari bid’ahsyirikdan khurofat yang berdasarkan kitabulloh dan sunnah Rosul
  2. Menyelenggarakan lembaga-lembaga pendidikan Islam yang modern dan berkualitas unggulan, yang dapat mempersiapkan kader-kader pemimpin bangsa, dan atau siap berkompetisi dipasar kerja sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  3. Mewujudkan amal usaha sosial melalui gerakan mobilitas ekonomi ummat dan pelayanan kesehatan, dan usaha-usaha lain yang dapat menghasilkan peningkatan kesejahteraan masyarakat dan menjadi sumber dana untuk menopang kemandirian organisasi.
  4. Berusaha secara kontinyu untuk dapat meningkatkan kesejahteraan pegawai dan kepuasan berbagai pihak yang terkait, secara sistematis dan proporsional berdasarkan rasio kemampuan dan kelayakan sistem manajemen yang professional.

Unit Amal Usaha dibawah naungan Yayasan Sosial Al Irsyad Cilacap adalah : 3 (tiga) TK, 3 (tiga) SD, 2 ( dua) SMP, 1 (satu)  SMA, dan 1 (satu) Perguruan Tinggi / STIKES, serta Masjid, Klinik, Kantin Manna Cafe, Asrama Mahasiswa dan Kantor Sekretariat.